Thursday, August 25, 2011

TIPS MUDIK LEBARAN

Berikut Tips-Tips Mudik Lebaran :

Persiapan Kondisi Tubuh

1) Istirahat yg cukup (paling tidak sehari sebelum berangkat)
2) Makan dan minum yang cukup agar tubuh terasa fit (dapat juga minum vitamin atau supplemen)
3) Jangan konsumsi obat yang menyebabkan kantuk sewaktu membawa kendaraan
Persiapan Perbekalan

1) Uang Tunai Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu Berlebihan skrng ini ATM sudah banyak dijumpai di daerah-daerah.
2)Obat-Obatan. Bawa obat-obatan yang biasa digunakan. Terutama Obat untuk anak-anak.
3) Barang yang akan dibawa jangan terlalu berlebihan
4) Bekal Makanan. Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara.
5) Bawa Air Mentah. Bawalah air mentah di dalam jerigen untuk mengisi radiator bila kurang atau juga bisa untuk mencuci tangan bila selesai ganti ban kalau bocor atau kempes.
Persiapan Kendaraan

1) Kondisi Mobil. Sebelum dipakai mudik, periksa dulu kondisi kendaraan anda di bengkel langganan.
2) Perlengkapan Mobil. Lengkapi perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.
TIPS bagi pemudik yang mengendarai sepeda motor:
1) Periksa atau periksakan kondisi komponen-komponen yang vital pada motor Anda, terutama karburator, busi, rem, rantai, lampu, dan ban.
2) Siapkan komponen-komponen cadangan, terutama: busi dan bohlam.
Siapkan kunci busi dan beberapa kunci ring-pas.
3) Ada baiknya membawa lampu senter
4) Periksa apakah helm Anda masih dalam kondisi baik
5) Sangat bijaksana melengkapi diri dengan mantel hujan
6) Kesiapan fisik dan kesehatan juga perlu supaya fit dalam perjalanan
7) BACA DOA SBLUM BERANGKAT DAN JGN NGEBUT
TIPS bagi pemudik yang menggunakan angkutan umum

1) Persiapkan uang pas untuk membayar biaya angkutan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,
2) Hindari calo serta jangan mudah menerima tawaran ataupun pemberian dari orang yang tidak anda kenal selama perjalanan mudik lebaran anda,
3) Hindari waktu pemberangkatan saat puncak arus mudik, perkirakan secara tepat,
4) Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok. Lebih baik tidak menggunakan perhiasan dari batu mulia atau barang barang berharga lainnya.
5) Bawa barang sesuai kebutuhan. Jangan berlebihan agar tidak mengalami kesulitan.
6) Jangan membawa uang tunai berlebihan. Simpan di tempat yang sangat aman.
7) Sebelum berangkat usahakan buang air dahulu. Jangan menahan kencing.
Hubungi petugas bila terjadi kesulitan atau hal hal yang mencurigakan.
8) Mintalah karcis serta biaya angkutan tertera di karcis.
TIPS bagi pemudik yang menggunakan kapal laut

Berikut beberapa hal yang harus Anda waspadai pada waktu mudik menggunakan kapal laut:
Calo Ticket Belilah ticket jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan, hal ini untuk mengantisipasi bahaya penjualan ticket secara ilegal. Selain itu uang yang seharusnya anda pergunakan untuk keperluan lain dapat disimpan.
Copet. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya anda sedikit bersabar untuk mencapai ke dalam kapal. Selain itu cobalah untuk tidak memakai perhiasan yang memancing, juga simpan barang berharga anda ditempat yang paling aman, dan tidak mudah dijangkau orang lain.
Jangan tinggal mobil anda tanpa dikunci. Sebaiknya kunci mobil anda dan periksa akan keamanannya. Pencurian interior mobil sering kali terjadi pada saat seperti ini.

Berikut beberapa tips untuk mengantisipasi maupun menghindari mabuk laut :
  1. Siapkan kondisi anda sebelum mudik. Kondisi mengantuk dan lelah dapat memacu anda untuk mabuk laut.
  2. Sebelum berangkat, sebaiknya isi perut anda agar tidak kosong. Kalau anda pergi pada saat bulan Ramadhan, sebaiknya berangkat pada saat subuh hari, sehingga makanan masih tetap berada dalam perut anda. Kalau anda tidak percaya diri, ada baiknya minum obat anti mabuk selepas sahur (sebelum imsak).
  3. Jika memiliki dana lebih, ada baiknya memilih kapal yang agak besar untuk sarana mudik anda. Karena kapal yang besar pada umumnya dapat meredam gelombang laut. Dan anda pasti tidak akan merasakan pusing berlebih.
  4. Kalau anda memilih tempat duduk. Jangan memilih pada bagian atas kapal, pilihlah pada bagian tengah kapal. Karena pada bagian atas, gelombang lebih terasa daripada bagian bawahnya.
  5. Jika terpaksa harus duduk selepas jalan-jalan. Pilihlah tempat berteduh yang sirkulasi udaranya bagus, tidak panas, tidak tercampur keringat orang yang dapat membuat anda mual. Kalau perlu pilihlah ruangan yang ber-AC. Berdirilah pada tempat yang tersedia banyak angin, angin dapat membuat lupa pada rasa mual anda.
  6. Tenangkan hati dan enjoykan pikiran anda. Jangan terbawa rasa takut sebelum menaiki kapal, berfikirlah positif. Karena dengan datangnya pikiran positif otomatis akan membawa pengaruh yang positif pula untuk tubuh anda.
  7. Jangan membaca sembari duduk ketika anda berada dalam goncangan yang hebat. Karena membaca dapat membuat anda mual. Selain itu yang membuat anda mual adalah, karena mata harus memfiksasi dan fokus pada bacaan. Jika rasa mual menyerang, ada baiknya anda jalan-jalan, atau ngobrol, atau mengunyah permen karet jika anda sedang tidak berpuasa.
  8. Jangan paksakan puasa anda jika terpaksa anda tidak kuat dengan perasaan yang anda rasakan.
  9. Stratching atau gerakan anggota tubuh anda. Karena menggerak-gerakan tubuh dapat melupakan pada rasa mual anda. Namun jika rasa mual sering kali muncul, kepalkanlah dan lemaskan jari-jari tangan dan kaki anda secara berulang-ulang. Hal ini diupayakan untuk menaikkan peredaran darah.
  10. Hindari bau-bauan yang memancing anda untuk muntah. Misalnya : jangan berdiri dekat dengan wc, jangan berdiri dekat dengan orang yang memiliki parfum menyengat dan bau keringat berlebih.
  11. Tidurlah dengan posisi yang nyaman. Posisi yang tidak nyaman dapat berakibat membuat tubuh anda menjadi sangat tidak nyaman, terlebih lagi pada leher anda. Ketika salah tidur bisa dipastikan ketika bangun anda akan mendapati tubuh yang pegal-pegal.
Persiapan Lain

1) Bawa Peta Jalur Mudik. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titikm
2) Handphone dan Kamera. Sebaiknya sebelum berangkat charge HP anda sampai penuh. Handphone beserta chargernya harus anda bawa, sehingga komunikasi selama di perjalan tidak ada gangguan. Kamera juga jangan sampai tertinggal, sebagai dokumentasi momen-momen indah  selama mudik.
3) Catat nomor telepon penting, seperti nomor telepon Polisi, Posko-posko untuk bantuan darurat
4) Pastikan rumah sudah terkunci dan mencabut/mematikan listrik agar tidak terjadi hal2 yg tidak diinginkan (Kemalingan,kebakaran,dsb)
5)Pamit ke Tetangga atau Ketua RT dan Rekan Kerja, minta tolong kepada tetangga dan ketua rt untuk membantu mengawasi rumah selama kita di kampung, dan pamit kepada rekan kerja, sehingga tidak merepotkan mereka jika mencari kita
 source  :  http://www.kaskus.us/showpost.php?p=484723137&postcount=1

No comments:

Bisnis di Rumah

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan online, dari rumah atau dari mana pun saja, hanya 2 jam per minggu dari depan komputer anda. Klik d’BC Network! Bekerja dari rumah bukan lagi mitos! Buktikan bersama jaringan full fasilitas d’BC Network! Belajar berbisnis bersama d’BC Network! Jaringan online yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis online! http://www.dBCN-KerjadiRumah.com/?id=sidejob23

Free Website.......

Triple Clicks.................

Web Count

dbcn