Tuesday, February 16, 2010

THE INDONESIA SALON of ART PHOTOGRAPHY (ISAP)


Lembaga Fotografi Candra Naya  mengundang fotografer dari seluruh dunia, amatir maupun profesional untuk berpartisipasi di dalam
THE INDONESIA SALON of ART PHOTOGRAPHY (ISAP)

Salon foto ini akan diselenggarakan sesuai dengan persyaratan FIAP, PSA dan FPSI.

KEIKUTSERTAAN LOMBA
Lomba terbuka untuk umum, tetapi foto akan ditolak jika pelaksana dan penyelenggara (Indonesia Salon of Art Photography (ISAP) dan Lembaga Foto Candra Naya meyakini dan memutuskan bahwa foto tidak sesuai dengan peraturan dan persyaratan lomba.

Materi lomba yang diikutsertakan harus berasal dari foto (pengambilan gambar dari objek melalui sensitivitas cahaya) dibuat oleh peserta pada emulsi foto atau diperoleh secara digital. Foto dapat dirubah, baik secara elektronik (olah digital) atau cara lainnya oleh pembuatnya dengan hasil akhir tetap merupakan karya seni foto.

Semua hasil karya akhir harus berupa file elektronik atau format digital. Peserta haruslah pemilik dari seluruh hak cipta dari hasil karya yang dikirimkan.  Seluruh bagian dari foto harus difoto oleh peserta dan merupakan karya olah digital peserta.

Dengan mengirimkan materi lomba, peserta menyatakan hasil karya  yang diikutsertakan adalah miliknya dan mengijinkan dan menyetujui pelaksana dan penyelenggara untuk mereproduksi seluruh atau sebagian dari materi lomba yang diikutsertakan secara cuma-cuma untuk dipublikasikan/ dipamerkan di media yang berhubungan dengan lomba ini (antara lain:  Katalog cetak , katalog dalam bentuk CD-Rom, pameran foto, jurnal dsb). Dalam hal ini termasuk juga penempatan (posting) di website dengan resolusi rendah.
PSA/FIAP dan pelaksana dan penyelenggara tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan hak cipta oleh pihak ketiga; sehubungan dengan hal ini, peserta tidak dapat melakukan tuntutan. Pelaksana dan penyelenggara lomba berhak untuk mendiskualifikasi setiap materi lomba yang diikutsertakan, sebelum, selama dan sesudah penjurian dilakukan apabila materi yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Karya-karya peserta yang diterima  berhak mendapatkan Who’s Who dan Star Rating  di divisi masing masing dari  PSA (Photographic Society of America), Point FIAP (FIAP Patronage 2010/054) dan Point FPSI (khusus peserta Indonesia dan sesuai dengan peraturan FPSI). 
Dengan keikutsertaan, peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh persyaratan.
KATEGORI
Ada 4 kategori:
Projected Image Division (CPID/PI)

  1. Warna : Air
  2. Monokrom : Manusia
Electronic Imaging Division (EID/DIG)

  1. Warna: Umum
  2. Monokrom:  Umum
Semua karya foto harus diserahkan dalam format digital. Slide tidak diperbolehkan.
Foto yang dibuat memakai film atau slide harus di scan ke dalam format digital. Tidak diperbolehkan mencantumkan nama/judul atau tulisan yang nampak dalam foto.  Setiap peserta dapat mengirimkan maksimum empat karya foto untuk setiap kategori. Foto yang sama tidak boleh diikutsertakan dalam beberapa kategori.  

Adalah tanggung jawab dari setiap peserta untuk mendapatkan pelepasan hak dari foto model (model release) dan pelaksana dan penyelenggara tidak bertanggung jawab atas tuntutan dari pihak foto model ataupun pihak lainnya sehubungan dengan materi lomba yang dikirimkan atau diikutsertakan dalam lomba.
Peserta menyatakan bahwa ia adalah pemilik tunggal dari semua hak dan isi foto yang dikirimkan.

KARYA FOTO YANG MENGANDUNG UNSUR PORNOGRAFI ATAU SADISME  DILARANG KERAS DI SEMUA KATEGORI
Khusus untuk peserta dari Indonesia
Dewan juri dan anggota keluarganya tidak diperkenankan ikut serta dalam kategori di mana anggota juri tersebut menjadi juri.
Foto karya seorang peserta yang pernah diterima (accepted) pada Salon Foto Indonesia dan lomba lain yang mendapat rekomendasi FPSI, serta foto yang mirip, diperbolehkan ikut serta dalam salon ini, tapi tidak akan mendapat poin FPSI. Dalam formulir aplikasi, peserta diwajibkan untuk menyatakan apakah foto tersebut pernah diterima dalam Salon Foto Indonesia FPSI sebelumnya. Kalau dikemudian hari terdapat kenyataan yang sebaliknya, panitia/FPSI berhak untuk mendiskualifikasika n poin FPSI, sesuai dengan peraturan FPSI.

Foto-foto yang mirip karya seorang peserta tidak boleh diikutsertakan dalam beberapa kategori. Bila hal tersebut terjadi, panitia akan memilih foto yang pertama diterima, sedangkan foto lainnya didiskualifikasi. 
CNPS Trophy : diberikan pada klub foto terbaik yaitu klub foto yang memiliki poin kumulatif tertinggi dari para anggotanya. Peserta harus mengisi nama klub fotonya. Hanya berlaku untuk klub foto anggota resmi dari FPSI.
DEFINISI
Definisi Monokrom:
FIAP:  Hasil karya hitam putih dapat mulai dari abu-abu yang sangat gelap (hitam) sampai abu-abu yang sangat jernih (putih) adalah hasil karya monokrom dengan berbagai gradasi bayangan abu-abu. Hasil karya dengan warna hitam putih seluruhnya di dalam satu warna akan tetap merupakan hasil karya monokrom dan dapat dimasukan dalam kategori hitam putih, hasil karya tersebut dapat direproduksi dalam hitam putih didalam katalog. Sebaliknya hasil karya hitam putih yang  di modifikasikan dengan pewarnaan sebagian atau dengan tambahan satu warna akan menjadi hasil karya warna (polykrom) yang harus dimasukkan dalam kategori warna.
PSA: Cetak Monokrom didefinisikan mempunyai tidak lebih dari satu warna, tapi dapat berupa satu warna apa saja.

Panduan kategori Air :
Menampilkan pentingnya air dan air untuk kehidupan manusia sehari-hari yang disajikan secara artistik. Pemandangan air, danau, sungai, lautan, air terjun, dan dunia bawah air (underwater).  Dalam semua foto yang disertakan di kategori ini, air harus menjadi bagian dominan dari foto.
Definisi Nature sesuai dengan FIAP dan regulasi PSA.

Panduan kategori Manusia:
Menampilkan manusia, pria, wanita, anak-anak atau bayi di seluruh dunia secara artistik. Foto portrait, manusia secara umum, manusia sedang bekerja atau mengisi waktu senggang, dan sebagainya. Wajah manusia yang merefleksikan emosi, kesedihan,  cinta, kebencian, kebahagiaan, kesenangan atau di saat-saat yang tak terlupakan dalam hidup manusia.   Berbagai macam hubungan antara manusia. Dalam semua karya foto yang dikirimkan di kategori ini, manusia harus merupakan bagian dominan dari foto.
UKURAN KARYA FOTO :
Foto dikirim dalam format JPEG.

  • Sisi terpanjang minimum 1600 pixel dengan resolusi 300dpi
  • Foto harus disimpan di jpeg kualitas tertinggi / maximum (11 atau 12)
  • Besar file dari setiap foto : minimum 350 kb dan maksimum 1 mb per foto
  • Resolusi yang tinggi akan diperlukan untuk Buku Katalog tapi tidak melebihi 1 mb per foto
PENYERAHAN ENTRY :
Formulir aplikasi dan foto harus dikirim secara elektronik melalui website www.isap.candranaya .com
Silahkan mengikuti petunjuknya.
Pengecualian hanya diberikan kepada peserta Indonesia yang tidak memiliki akses internet yang memadai sehingga harus  mengirimkan  materi lomba dalam bentuk CD.  Formulir aplikasi (hardcopy atau softcopy dalam format “word office”(didownload dari website), materi lomba dalam format ”jpeg” dan bukti transfer harap dikirim ke alamat : ISAP2010. Jalan Sawo no 15, Jakarta 10350. Materi lomba yang dikirim tidak akan dinilai tanpa adanya formulir aplikasi bersama dengan pembayaran penuh atas biaya keikutsertaan lomba. Materi lomba harus diterima panitia sebelum tanggal penutupan.
PENAMAAN FILE FOTO
Salon terdiri dari  empat kategori:
A. Projected Image         : Warna-Air
B. Projected Image         : Monokrom-Manusia
C. Electronic Imaging      : Warna-Umum
D. Electronic Imaging      : Monokrom-Umum
Kode Kategori yang sesuai (A, B, C, D) harus digunakan sebagai bagian dari Nama File Elektronik. Nama keluarga peserta dan inisial nama pertama peserta akan digunakan sebagai bagian pertama dari Nama File Elektronik seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Nama keluarga-X-# ###- YZ.jpg 
"X"
adalah karakter pertama (Initial) dalam nama peserta
# # # # Adalah empat angka terakhir dari nomor telepon peserta
"Y" adalah Kode Kategori (A, B, C, D)
"Z" adalah nomor urut foto (1-4) sesuai dengan formulir salon. Contoh: Foto dikirim  oleh Jim Brown, telepon No. 012-345678 ; 
Nama file : brown-j-5678- A1.jpg

MATERI LOMBA YANG TIDAK MENGIKUTI INSTRUKSI  AKAN DIDISKUALIFIKASI
BIAYA PESERTA DAN CARA PEMBAYARAN
Projected Image Division (CPID/PI) : Satu kategori Rp.100.000, Dua kategori Rp.170.000
Electronic Imaging Division (EID/DIG) : Satu kategori Rp.100.000, Dua kategori Rp.170.000
Setiap peserta akan menerima katalog salon dalam bentuk CD-Rom. Buku katalog dapat dimiliki dengan biaya Rp.30.000 per buku.
Biaya keikutsertaan dan pembelian buku katalog dibayarkan melalui rekening: 
BCA  No.Rekening  634 018 8878, atas nama Joelianto
Bank Central Asia (BCA), Jln Raden Saleh, Jakarta Pusat


Jumlah uang yang harus ditransfer adalah Total biaya peserta salon ditambah dengan 4 angka terakhir nomor hp peserta.
Contoh :
keikutsertaan dalam 2 kategori + 1 buku katalog :
Rp 170.000 ditambah Rp. 30.000 ditambah 9199 (4 angka terakhir nomor hp); jumlah yang harus di transfer Rp. 209.199
Foto yang diikutsertakan lomba tanpa disertai biaya peserta salon akan didiskualifikasi, tidak akan dinilai dan katalog dalam bentuk CD tidak akan dikirimkan.

PEMBERITAHUAN
Pemberitahuan akan dikirim melalui email. Pelaksana dan penyelenggara akan melakukan tindakan yang sebaik-baiknya sehubungan dengan pengiriman email, medali/penghargaan maupun katalog, namun tidak dapat bertanggung jawab atas hal-hal yang terjadi selama pengiriman.
Public viewing akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2010.
Hasil karya pemenang dan karya yang diterima akan dipublikasikan di Internet Web page www.isap.candranaya .com

No comments:

Bisnis di Rumah

Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan online, dari rumah atau dari mana pun saja, hanya 2 jam per minggu dari depan komputer anda. Klik d’BC Network! Bekerja dari rumah bukan lagi mitos! Buktikan bersama jaringan full fasilitas d’BC Network! Belajar berbisnis bersama d’BC Network! Jaringan online yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis online! http://www.dBCN-KerjadiRumah.com/?id=sidejob23

Free Website.......

Triple Clicks.................

Web Count

dbcn